Iklan Billboard 970x250

Alat input langsung dan alat input tidak langsung
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Alat input langsung dan alat input tidak langsung

Baiklah teman-teman, jumpa lagi dengan blog yang sama tetapi dengan artikel yang berbeda. Yups tentu saja diblog Senyum Pelajar...

Nah, pada artikel kali ini admin membahas pelajaran sistem komputer dengan poin yang dibahas adalah alat input langsung dan tidak langsung.

Tanpa berlama-lama lagi, admin langsung bahas ya...

Alat input langsung dan alat input tidak langsung

Alat input langsung

Alat input langsung berfungsi untuk memasukkan data kedalam sistem komputer dan langsung diproses secara langsung oleh CPU (Central Processing Unit) tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke media penyimpanan eksternal sehingga memungkinkan interaksi antara pemakai dengan sistem komputer, alat input langsung dapat digolongkan ke beberapa kategori, yaitu keyboard, pointing device,scanner dan sensor.


     a. Keyboard

Keyboard adalah alat input data yang paling umum dan banyak digunakan. Data dimasukkan ke unit proses dengan cara diketik lewat penekanan tombol yang ada di keyboard.

Beberapa alat input langsung yang menggunakan keyboard untuk memasukkan input secara langsung adalah teleprinter terminal, final transaction terminal, point of saleterminal, dan visual display terminal.

          1. Teleprinter Terminal

Teleprinter terminal atau line terminal terdiri atas keyboard dan tampilan berupa alat cetak (printer). Input dimasukkan dengan menekan tombol-tombol kunci yang ada di keyboard dan apa yang di tekan akan tercetak dilayar berbentuk kertas. Input yang dimasukkan tersebut akan langsung dikirim dan proses oleh unit proses.

          2. Final Transaction Terminal

Final Transaction Terminal digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan bidang keuangan salah satu dari penggunaan terminal ini adalah untuk Elektronik Fund Transfer (EFT) dengan menggunakan ATM (Automated Teller Machine). ATM digunakan oleh bank-bank yang melayani transaksi keuangan selama 24 jam nonstop.

          3. Point Of Saleterminal

Point Of Saleterminal (POS) terminal biasanya digunakan di supermarket. Alat ini terdiri atas keyboard untuk memasukkan data barang yang dijual dan display untuk menampilkan data transaksi serta alat cetak untuk mencetak tanda terima untuk pembeli. POS terminal merupakan perkembangan dari cash register yang dapat dihubungkan dengan komputer untuk tujuan pengendalian persediaan (infenitori control) dan penjadwalan pemesanan kembali barang yang akan dipesan.


          4. Visual Display Terminal

Alat input ini digunakan untuk memasukkan data langsung ke unit proses. Alat ini adalah Visual Display Terminal (VDT) atau bisa disebut juga dengan nama Visual Display Unit.

     b. Pointing Device

Pointing Device digunakan untuk perguruan tertentu, misalnya pembuatan grafik atau gambar.

Berikut adalah beberapa alat input yang termasuk pointing device :

          1. Mouse
Mouse adalah pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi cursor di layar.

          2. Touchscreen (layar sentuh)
Touchscreen adalah layar monitor yang akan mengaktifkan program bila bagian tertentu dilayar sentuh oleh tangan.

          3. Light Pen
Light Pen merupakan teknologi yang mampu menggambar atau menulis langsung dilayar monitor. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik dan gambar didalam perencanaan dengan bantuan komputer (Computer Idid Design).

          4. Digitiger Grafik Tablet
Alat ini lebih menyerupai alat tulis elektronik sehingga dapat langsung menggambar atau menulis dilayar menggunakan pena khusus.

     c. Scanner

Scanner merupakan alat input yang bekerja dengan cara menyinari permukaan objek yang akan dipindai dan memantulkannya kembali untuk diterjemahkan sebagai data elektronik yang akan diolah oleh CPU, alat input scanner dapat berupa Magnetik ink carakter recordinition (Micr), dan optical data rider.

     d. Sensor

Sensor merupakan alat yang mampu langsung menangkap data kejadian fisik.


Alat input tidak langsung

Alat input tidak langsung berfungsi untuk memasukkan data, tetapi data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU melainkan direkam terlebih dahulu kesuatu media Maxinine re double from (bentuk yang hanya bisa dibaca oleh komputer) yang berbentuk simpangan luar (eksternal memory).

Berikut metode alat input tidak langsung:

     a. Key to card

Salah satu alat pemasukan data yang paling tua adalah key punch atau key to card. Alat ini memungkinkan operator memasukkan data yang akan dipindahkan terlebih dahulu kedalam bentuk media punch (kartu plong atau kartu point).

     b. Key to tape

Alat ini memungkinkan operator untuk merekamkan data kemedia simpanan luar pita magnetik (magnetik tape) terlebih dahulu sebelum diproses oleh CPU.

     c. Key to disk

Seperti key to card dan key to tape, key to disk memungkinkan operator untuk merekamkan data terlebih dahulu kemedia simpanan ke luar, dalam hal ini adalah disk magnetik (magnetik disk) dan umumnya dalam bentuk disket. Data yang tersimpan di disket kemudian dapat dibaca komputer untuk diproses oleh CPU melalui alat penggerak disk (disk drive).


Baiklah pelajers, itu saja yang dapat admin ketikkan, mohon maaf jika ada salah kata maupun penulisan. Lebih dan kurangnya admin ucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog ini.

Tetap tersenyum pelajar-pelajar Indonesia, Semangat!!

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ya...
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post