Iklan Billboard 970x250

Analisis SWOT dan wirausaha dibidang kerajinan
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Analisis SWOT dan wirausaha dibidang kerajinan

That's time to study guys!
Teman-teman ngeklik artikel ini pasti sedang mencari informasi tentang analisis SWOT maupun wirausaha dibidang kerajinan bukan?. Tenang di blog ini admin menjelaskannya secara lengkap, Tetapi admin tidak hanya menjelaskan itu saja, karena dibawah ini ada juga penjelasan-penjelasan lainnya yang admin jadikan satu artikel, yang pasti masih sangat berhubungan dengan poin utamanya pelajers.

Analisis SWOT dan wirausaha dibidang kerajinan

Yuk, silahkan di baca ya...

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah suatu kerajinan kajian terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis SWOT pada usaha produk kerajinan di dasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif adalah dengan memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), serta meminimalkan kelemahan (weaknesses) dan ancaman (threats).

Analisis SWOT di gunakan untuk mengetahui langkah langkah yang perlu di lakukan dalam pengembangan usaha produk kerajinan sebagai alat penyusun strategi.


Wirausaha dibidang kerajinan


Kebutuhan pasar produk kerajinan

Indonesia kaya baik dari kekayaan alam maupun kebudayaannya. Komoditas produk negara Indonesia banyak di kenal di mancanegara, misalnya : furniture dan kerajinan.

Produk kerajinan banyak manfaatnya ada yang di gunakan untuk keperluan rumah tangga ada juga yang hanya sekedar untuk hiasan. Bahkan terkadang menjadi cindra mata hingga menjadi barang yang memiliki prestise yang tinggi bagi pemiliknya.

Menganalisis peluang usaha produk kerajinan

Menganalisis peluang usaha pada produk kerajinan di maksudkan untuk menemukan peluang dan potensi usaha produk kerajinan yang dapat di manfaatkan, serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia dan berapa lama usaha dapat bertahan.

Secara rinci ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan, yaitu sebagai berikut :

a. Penetapan kelayakan usaha produk kerajinan

  1. Analisis kelayakan teknis

Sebelum peluang usaha baru di implementasikan,di lihat dari aspek teknis perlu di lakukan analisis. Dalam melaksanakan analisis kelayakan teknis, perlu di perhatikan berbagai macam teknik pembuatan karya kerajinan.


  2. Analisis peluang pasar

Seorang wirausahawan yang akan membuat usaha baru selalu membutuhkan informasi tentang pasar karena tujuan dari pemasaran adalah untuk memenuhi permintaan pelanggan. Tujuan riset pasar adalah mengumpulkan informasi untuk pengambilan keputusan tentang usaha kerajinan yang akan di buka.


  3. Menentukan jumlah pembelian potensial dalam tiap-tiap segmen pasar

Langkah ketiga ini terkait dengan perkiraan konsumen potensial dari produk kerajinan baru oleh tiap-tiap segmen pasar pada periode sekarang dan yang akan datang. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi ini adalah dengan memilih agen untuk menguji pasar.


  4. Sumber informasi pasar

Sumber informasi pasar adalah informasi untuk mengevaluasi peluang pasar masa sekarang dan yang akan datang dari usaha produk kerajinan. Dua pendekatan untuk memperoleh data tentang informasi tersebut adalah mengadakan penelitian secara spesifik yang dirancang untuk mengumpulkan informasi yang dinamakan data primer, dan menentukan data-data relevan yang berasal dari lembaga seperti biro pusat statistik, kantor dinas pariwisata dan perindustrian, maupun biro penelitian yang di sebut dengan data sekunder.


  5. Uji coba pasar

Uji coba pasar cenderung menjadi teknik riset yang utama untuk mengurangi resiko yang ada pada usaha produk kerajinan baru dan menilai keberhasilannya. Metode yang digunakan dalam uji coba pasar adalah pameran perdagangan, menjual pada sejumlah konsumen terbatas, dan menggunakan uji coba pasar dimana penerimaan calon pembeli bisa di amati dan di analisa lebih dekat.

Uji coba pasar juga memberikan kemungkinan peluang dalam pemasaran, distribusi, dan pelayanan.


  6. Study kelayakan pasar

Walaupun study kelayakan pasar bagi usaha baru cenderung memakan waktu yang banyak dan merupakan tugas yang rumit, tetapi wirausaha baru perlu untuk melakukannya. Study kelayakan pasar akan dapat mengurangi resiko kerugian dan kegagalan usaha produk kerajinan.


b. Analisis kelayakan finansial

Analisis kelayakan finansial adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang di perlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang bisa di harapkan.

Ada dua langkah dasar untuk pemilihan alternatif dalam analisis kelayakan finansial, yaitu sebagai berikut :

  1. Penentuan kebutuhan finansial total dengan dana yang diperlukan untuk operasional

Kebutuhan finansial hendaknya diproyeksikan tiap bulan atau bahkan mingguan sekurang-kurangnya untuk operasi tahun pertama dari usaha produk kerajinan baru.


  2. Penentuan sumber daya finansial yang tersedia

Langkah kedua dalam analisis kelayakan finansial ini adalah proyeksi sumber daya finansial yang tersedia dan dana-dana yang akan di hasilkan dalam operasi perusahaan.


c. Analisis persaingan

Semua usaha produk kerajinan akan menghadapi persaingan baik persaingan langsung, yaitu dari produk kerajinan yang sejenis maupun persaingan produk kerajinan lain pada pasar yang sama.


Peluang usaha produk kerajinan

Ada banyak cara bagi wirausaha kerajinan untuk mengembangkan ide peluang usahanya, di antaranya adalah memberikan kebebasan dan dorongan kreativitas kepada para pengrajin atau karyawannya. 

Beberapa macam ide yang perlu di kembangkan, antara lain sebagai berikut :

  1. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang diminati konsumen
  2. Ide dalam pembuatan produk kerajinan yang dapat memenangkan persaingan
  3. Ide dalam pembuatan dan pendayagunaan sumber sumber produk kerajinan
  4. Ide yang dapat mencegah kebosanan konsumen di dalam penggunaan produk kerajinan
  5. Ide dalam pembuatan desain, model, corak dan warna produk kerajinan yang di senangi konsumen


Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ya, mohon maaf bila ada salah kata maupun penulisan. Lebih dan kurangnya admin ucapkan terima kasih.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post