Iklan Billboard 970x250

Kerajinan dari bahan keras : Pengertian, fungsi dan contohnya
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Kerajinan dari bahan keras : Pengertian, fungsi dan contohnya

Sebelumnya sudah admin jelaskan tentang Kerajinan dari bahan lunak : Pengertian dan contohnya, pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Dan sekarang akan melanjutkan materi yang agak berbeda yaitu Kerajinan dari bahan keras, apa pengertiannya? Lalu bagaimana dengan contohnya?. Semuanya di jelaskan dalam satu artikel ini.

Kerajinan dari bahan keras

Untuk itu harap teman-teman membaca artikel ini dengan seksama, agar bisa memahaminya dengan baik. Silahkan di baca pelajers...

Produk kerajinan dari bahan keras


Pengertian kerajinan dari bahan keras

Produk kerajinan dari bahan keras merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat keras.

Beberapa bahan keras yang di gunakan dalam pembuatan produk kerajinan dapat di bagi menjadi dua :

a. Bahan keras alami

Bahan keras alami adalah bahan yang di peroleh dari lingkungan sekitar kita dan kondisi fisiknya keras, seperti : kayu, bambu, batu, rotan, dan lain-lain.


b. Bahan keras buatan

Bahan keras buatan adalah bahan bahan yang di olah menjadi keras sehingga dapat di gunakan untuk membuat barang barang kerajinan seperti berbagai jenis logam, fiberglass, dan lain-lain.

Aneka produk kerajinan dari bahan keras

a. Kerajinan logam

Kerajinan logam menggunakan bahan logam seperti besi, perunggu, emas, perak, dan lain-lain. Teknik yang digunakan biasanya menggunakan sistem cor, ukir, tempa atau sesuai dengan bentuk yang di inginkan. Logam memiliki sifat keras, sehingga dalam pengolahannya memerlukan teknik yang tidak mudah, seperti di olah dengan teknik bakar atau pemanasan dan tempa.


b. Kerajinan kayu

Karya kerajinan ukir kayu adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan dari kayu yang di kerjakan atau di bentuk menggunakan tatah ukir. Kayu yang biasanya di gunakan adalah : jati, mahoni, waru, sawo, nangka, dan lain-lain.


c. Kerajinan bambu

Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan bahan alam dari bambu adalah teknik anyaman dan teknik tempel atau sambung.


d. Kerajinan rotan

Tumbuhan rotan bersifat keras dan lentur sehingga sangat cocok sebagai benda kerajinan dengan teknik anyam.


e. Kerajinan batu

Batu hitam yang keras dan batu padas yang berwarna putih atau coklat yang lunak banyak di manfaatkan untuk produk kerajinan. Teknik pengolahan untuk batu hitam dan batu padas banyak menggunakan teknik pahat dan ukir. Kerajinan batu banyak di gunakan untuk hiasan interior dan eksterior.


f. Kerajinan kaca serat (fiberglass)

Kaca serat (fiberglass) adalah serat gelas berupa kaca cair yang di tarik menjadi serat tipis. Fiberglass biasanya banyak di gunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal.

Campuran fiberglass terdiri atas cairan resin (minyak resin bahan dasarnya minyak bumi dan residu) kata Lis met atau serat fiber polish atau sabun krim silikon untuk membuat cetakan serta talk, untuk memekatkan warna.



Fungsi produk kerajinan dari bahan keras

Seperti pada produk kerajinan dari bahan lunak, produk kerajinan dari bahan keras juga memiliki fungsi, yaitu :

  • Benda pakai : adalah karya kerajinan yang di ciptakan mengutamakan fungsinya. Unsur keindahan hanyalah sebagai pendukung.
  • Benda hias : adalah karya kerajinan yang di buat sebagai benda pajangan atau hiasan jenis ini lebih menonjolkan aspek keindahan dari pada aspek kegunaan atau segi fungsinya.


Fungsi estetika dan ergonomis produk kerajinan dari bahan keras

Dalam pengembangannya, produk kerajinan tidak dapat melepaskan diri dari unsur-unsur seni pada umumnya. Sentuhan sentuhan estetika sangat penting untuk mewujudkan karya kerajinan akraktif dan bernilai ekonomis. Pada produk kerajinan aspek fungsi menempati posisi utama. Maka, karya kerajinan harus mempunyai nilai ergonomis yang meliputi: kenyamanan, keamanan dan keindahan (estetika).





Motif ragam produk kerajinan dari bahan keras

Keanekaragaman produk kerajinan tersebut memiliki motif dan ragam hias mempunyai nilai keindahan dan keunikan serta makna simbolis yang penuh perlambangan dan juga nasehat. 

Beberapa daerah yang terkenal ukiran atau pahatnya adalah Jepang, Yogyakarta, Cirebon, Bali, Toraja, Palembang, Kalimantan dan masih ada daerah lainnya.



Klik :

<< Sebelumnya



Itu dia penjelasannya teman-teman, semoga membantu ya. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan dan pemilihan kata. Lebih dan kurangnya admin ucapkan terima kasih.

Tetap tersenyum pelajar-pelajar Indonesia, semangat!


Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post