Iklan Billboard 970x250

Kerajinan dari bahan lunak : Pengertian dan contohnya
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Kerajinan dari bahan lunak : Pengertian dan contohnya

Produk kerajinan lebih banyak memanfaatkan bahan bahan alam seperti tanah liat, serat alam, kayu, bambu, kulit, logam, batu, rotan dan lain lain. Ada juga yang memanfaatkan bahan sintetis sebagai bahan kerajinan seperti limbah kertas, plastik, dan karet. Pembuatan produk kerajinan di setiap daerah memiliki jenis kerajinan lokal yang menjadi unggulan daerah.

Secara umum, jenis bahan dasar produk kerajinan dapat di bagi menjadi dua kelompok, yaitu : produk kerajinan dari bahan lunak dan dari bahan keras.

Kerajinan dari bahan lunak

Beberapa kerajinan bahan lunak serta pengemasannya akan di uraikan secara singkat.

Pengertian kerajinan dari bahan lunak

Merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan sebagai berikut :

a. Bahan lunak alami

Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang di peroleh dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak di campur maupun di kombinasikan bahan buatan.

Contoh : Tanah liat, serat alam dan kulit


b. Bahan lunak buatan

Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yang di olah menjadi lunak. Bahan bahan yang digunakan bisa berupa : buku kertas, gips, fiberglass, lilin, sabun, spons dan sebagainya.

Aneka produk kerajinan dari bahan lunak

Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan.

Contohnya :

a. Kerajinan tanah liat

Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat melalui proses (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) contoh kerajinan gerabah dan keramik.


b. Kerajinan serat alam

Dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, alas meja, topi dan tempat lampu.


c. Kerajinan kulit

Menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya : tas, sepatu, wayang, dompet dan jaket. Kulit yang di hasilkan dari hewan seperti : sapi, kambing, kerbau dan buaya.


d. Kerajinan gips

Merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat Hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti : karbonat, borat, litrat dan sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus di cairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang di inginkan, harus di buat cetakan.

Secara umum untuk semua produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang di cari adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan gips dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya.


e. Kerajinan lilin

Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu di cairkan dengan proses pemanasan di atas api atau kompor.


Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan maupun kata-katanya.

Dan ingat !
Tetap tersenyum pelajar-pelajar Indonesia, semangat!


Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post