Iklan Billboard 970x250

Sistem bus pada PC dan karakteristik sistem bus
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Sistem bus pada PC dan karakteristik sistem bus

Terdapat beberapa sistem bus pada PC maupun karakteristik dari sistem bus pada masing-masing bagiannya.

Dalam artikel ini akan cukup banyak dijabarkan, agar admin harap teman-teman dapat memahami apa yang admin maksudkan ataupun apa yang admin tuliskan disini.

Artikel ini berdasarkan pengalaman admin waktu masih sekolah di SMK dulu, dan admin akan berusaha sebaik mungkin untuk berbagai ilmu kepada teman-teman semua.

Ayo pelajers simak baik-baik ya, check this out!

Sistem bus pada PC dan karakteristik sistem bus

Sistem bus pada PC


Terdapat beberapa jenis sistem bus pada PC, yaitu ISA (Industrial Standard Architecture), MCA (Michro Channel Architecture), VESA (Video Local Bus), PCI, dan future bus.

Karakteristik masing-masing sistem bus akan dijelaskan pada bagian berikut :

Baca juga Struktur dan interkoneksi bus

1. ISA (Industrial Standard Architecture)

ISA adalah arsitektur bus pertama untuk sistem terbuka (open system) pada IBM PC. Sistem ini terdiri atas dua jenis bus, yaitu sistem 8 bit bus dan 16 bit bus.

Jenis 8 bit bus pertama kali pada PC-XT. Bus ini memiliki 62 pin, dengan 20 address line, oleh karena itu tersedia 1 MB memori, 8 data lines dan 6 interior lines serta 2 DMA channels. Selain itu, bus ini digerakkan oleh 4,77 Mhz clock.

Sedangkan jenis 16 bit bus diperkenalkan pertama kali pada PC-AT dan PC 80286. Terjadi penambahan pin menjadi 98 buah, dengan total 24 address line, memiliki 16 MB lokasi memori, 16 bit data lines, dan 11 interupt line, serta 6 DMA channels clock dengan detak 8,33 Mhz digunakan untuk menggerakkan sistem bus ini.

Industrial Standard Architecture (ISA)


2. Michro Channel Architecture

Pada 1988-1989, IBM ingin memperbaiki dan meningkatkan kinerja ISA dengan MCA pada seri PS/2. Terjadi banyak peningkatan jika dibandingkan dengan ISA, yaitu sebagai berikut :
  • Kecepatan lebih tinggi
  • Negosiasi penggunaan bus
  • Konfigurasi otomatis
  • Mengimplementasikan 16-32 bit address
  • Memiliki kecepatan akses yang dua kali lipat
  • Memiliki channel dan DMA lebih banyak
Dengan frekuensi yang sama, yaitu 8,33 Mhz, MCA tetap kompatibel dengan peralatan bus ISA serta hanya membutuhkan biaya yang rendah untuk perubahan dari peripheral bus ISA.

3. VESA Video Local Bus

VESA adalah Video Electronics Standards Association, yaitu bus jalur cepat antara video card dengan memori. Kecepatan akses bus ini bergantung pada kecepatan processor.

4. PCI

Peripheral Component Interface (PCI) merupakan bus yang diperkenalkan pada akhir 1992 oleh Intel dan konsorsium produsen, dan kemudian secara efektif menggusur VL bus.

Bus ini menggunakan clock 33 Mhz yang terpisah dari clock processor, mempunyai 64 bit data dan address lines yang di multiplexed, dimana sebagian pin address dipakai juga sebagai pin data.

Kapasitas PCI memiliki hingga 16 slot, sedangkan VL bus hanya memiliki dua slot. Untuk kompatibilitas dengan peripheral lain, biasanya tetap disediakan slot untuk ISA juga, akses PCI bus sinkron berdasarkan clock dan kendali terpusat pada processor.

Baca juga :

Siklus operasi pada PCI bus berikut adalah penjelasan ringkas berkaitan dengan hal berikut :
  • Urutan siklus transaksi atau operasi ini beralih dari a,b,c,d,e,f,g,h hingga i.
  • CLK atau clock adalah gelombang persegi periodik yang dihasilkan oleh isolator untuk sinkronisasi, proses ini dibutuhkan untuk akses bus sinkron.
  • FRAME adalah bit yang mengizinkan penggunaan bus, biasanya active low
  • AD adalah sekumpulan pin atau bit yang berisi address/data dari device yang akan menggunakan bus.
  • IRDY adalah input ready, sedangkan TRDY adalah transfer ready untuk terjadinya transfer data antara bus dengan device, kedua bit ini harus low. Jika tidak maka bus dalam keadaan menunggu (wait state). Misalnya, menunggu kesiapan device yang terhubung dengan bus.
  • DEVSEL adalah pin device select, pin ini active low untuk mengizinkan terjadinya transfer data antara device yang dipilih dengan bus. REQ adalah request atau permintaan dan GNT adalah grant atau pemberian.
5. Future Bust

Future bust adalah bus yang memiliki performansi yang tinggi serta bekerja secara asynchronous. Bus ini mulai diperkenalkan pada akhir tahun 80-an dengan arsitektur, processor, dan teknologi yang independen (tidak terkait).

Baca juga Alat input langsung dan alat input tidak langsung

Beberapa hal yang mendukung bus ini, antara lain :
  • Protokol yang parallel dan arbitrasi
  • Sistem yang memiliki toleransi kesalahan dan kehandalan yang handal
  • Memiliki cache based memory, dimana berpotensi untuk menggantikan sistem bus lain karena fleksibilitasnya dapat mendukung data bus hingga 256 bit
  • Keunggulannya diiringi dengan biaya yang mahal sehingga ditargetkan untuk pemakai tertentu saja
Yak, itulah point-point penting yang admin berikan. Semoga bermanfaat.

Don't forget to smile pelajers!
Have fun...
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post