Iklan Billboard 970x250

Sistem komputer dan elemen-elemennya
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Sistem komputer dan elemen-elemennya

Halo pelajers Indonesia... Apa kabar?
     Semoga baik-baik saja,nah kali ini admin kasih informasi lagi tentang sistem komputer, elemen-elemen sistem komputer, dan lain-lain. Pada artikel ini admin akan menjelaskan selengkap mungkin ya.

 Yuk Check this out!

Sistem komputer





Sistem komputer

Sistem komputer adalah merupakan suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak, perangkat keras, untuk menerima input, proses, dan menyimpan perintah-perintah dan menghasilkan output berupa informasi.

Elemen-elemen sistem komputer

Sistem komputer terbangun dari elemen-elemen. Terbagi menjadi 3 elemen, yaitu :

  1. Hardware (perangkat keras), merupakan suatu alat komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Secara umum, fungsi hardware dibagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu input, output, dan storage. Contoh : Mouse, keyboard, CPU, monitor, dan lain-lain.
  2. Software (perangkat lunak), merupakan program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu sistem operasi, bahasa pemograman, dan alat bantu. Contoh : Microsoft office, Linux, windows, visual basic, aplikasi game, dan lain-lain.
  3. Brainware (User/Pengguna), merupakan orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer itu sendiri. Contoh : Seseorang yang sedang membuka website di komputer, maka secara langsung seseorang tersebut dikatakan sebagai brainware nya.

Sistem komputer dalam (staling,1997,hal.66) memiliki tiga komponen utama, yaitu : CPU, memori (primer dan sekunder), dan peralatan masukan/keluaran (I/O device) seperti printer, monitor, keyboard mouse dan modem. Modul I/O merupakan peralatan antar muka (interface) bagi sistem bus atau switch sentral dan mengontrol satu atau lebih perangkat peripheral. Modul I/O tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti yang berisi logika dalam melakukan fungsi komunikasi antara peripheral dan bus komputer.
Ada beberapa alasan kenapa piranti-piranti tidak langsung dihubungkan dengan bus sistem komputer, yaitu :
  • Bervariasinya metode operasi piranti peripheral, sehingga tidak praktis apabila sistem komputer harus menangani berbagai macam sistem operasi piranti peripheral tersebut.
  • Kecepatan transfer data piranti peripheral umumnya lebih lambat dari pada laju transfer data pada CPU maupun memori.
  • Format data dan panjang data pada piranti peripheral seringkali berbeda dengan CPU, sehingga perlu modul untuk menyelaraskan dari beberapa alasan diatas, modul I/O memiliki dua buah fungsi utama, yaitu :
  1. Sebagai piranti antar muka ke CPU dan memori melalui bus sistem
  2. Sebagai piranti antar muka dengan peralatan peripheral lainnya dengan menggunakan link data tertentu

Klik disini untuk melanjutkan artikel selanjutnya


Silahkan komentar dibawah ya pelajers jika ada yang ingin ditanyakan.

Baca juga Penjelasan lengkap prosedur kompleks

See you soon guys!!
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post