Iklan Billboard 970x250

Sistem masukan, fungsi masukan dan struktur masukan (Input)
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Sistem masukan, fungsi masukan dan struktur masukan (Input)

Hai pelajers Indonesia!,
Ketemu lagi nih sama artikel admin. Nah, kali ini admin akan melanjutkan artikel yang sebelumnya sudah admin buat. 

Bagi teman-teman yang belum membacanya yuk dibaca dulu Sistem komputer dan elemen-elemennya . Jika sudah admin lanjutin lagi artikel nya nih, yuk simak kuy...

Sistem masukan, fungsi masukan, dan struktur masukan (input)

Sistem masukan (Input)

Apa itu sistem?

Sistem (jogiyanto,2005,hal.4) adalah jaringan data pada elemen-elemen yang saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Sistem dalam kamus umum bahasa Indonesia adalah sekelompok bagian yang bekerja bersama-sama untuk melakukan suatu maksud.

Apa itu input?

Input (Supriyanto,2005.hal.12) merupakan suatu energi yang dimasukkan kedalam suatu sistem, yang dapat berupa signal input dan maintenance input.

Signal input adalah energi yang akan diolah oleh sistem, berupa data yang dimasukkan ke sistem komputer.

Maintenance input adalah energi yang digunakan untuk mengolah signal input, berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan.


Kesimpulan :

Dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem masukan (input) adalah suatu jaringan yang bekerja sama dan saling berhubungan untuk memasukkan data kedalam sistem komputer yang akan diolah oleh suatu program tertentu melalui sebuah perangkat masukan (input device).

Perangkat masukan (input device) (Supriyanto,2005,hal.11) merupakan peralatan yang dapat digunakan untuk menerima data yang akan diolah kedalam komputer.

Sistem masukan


Fungsi masukan (Input)

Fungsi menjalankan tugas bagi perangkat masukan adalah :

  • Kontrol dan pewaktuan
  • Komunikasi CPU (Central Processing Unit)
  • Komunikasi perangkat eksternal
  • Pem-buffer-an data
Fungsi kontrol dan pewaktuan (control and timing) merupakan hal yang penting untuk mensinkronkan kerja masing-masing komponen penyusun komputer. Dalam sekali waktu CPU berkomunikasi dengan satu atau lebih perangkat dengan pola tidak menentu dan kecepatan transfer komunikasi data yang beragam, baik dengan perangkat internal seperti register-register, memori utama, memori sekunder, perangkat peripheral proses tersebut bisa berjalan apabila ada fungsi kontrol dan pewaktuan yang mengatur sistem secara keseluruhan.

Fungsi komunikasi antara input masukan dengan CPU dan perangkat eksternal memungkinkan adanya sebuah transfer data yang tidak akan terlepas keterkaitannya dengan penggunaan sistem bus, maka akan melibatkan kontrol dan pewaktuan sebuah arbitrasi bus atau lebih.

Fungsi terakhir adalah deteksi kesalahan. Apabila pada perangkat peripheral terdapat masalah sehingga proses tidak dapat dijalankan,maka modul I/O akan melaporkan kesalahan tersebut, misalnya informasi kesalahan pada peripheral printer, seperti kertas tergulung, tinta dan kertas habis. Teknik yang umum untuk deteksi kesalahan adalah penggunaan bit paritas.


Struktur modul I/O 

Terdapat berbagai macam modul I/O seiring perkembangan komputer itu sendiri, contoh yang sederhana dan fleksibel adalah Intel 8255A yang sering disebut PPI (Programmable Peripheral Interface). Bagaimana kompleksitas suatu modul I/O tetap memiliki kemiripan struktur.

Antarmuka modul I/O ke CPU melalui bus sistem komputer terdapat tiga saluran, yaitu saluran data, saluran alamat dan saluran kontrol. Bagian terpenting adalah blok logika I/O yang berhubungan dengan semua peralatan antarmuka peripheral, terdapat fungsi pengaturan dan switching pada blog ini.

Struktur masukan I/O


Yaak, sampai di sini pembahasannya teman-teman... Tangan admin udah capek nih, ketemu di artikel selanjutnya ya. Ok!

Terima kasih pelajers Indonesia,
Semangat!!
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post