Iklan Billboard 970x250

BUNYI : Pengertian, Resonansi dan Pelayangan bunyi, serta Cepat rambat bunyi
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

BUNYI : Pengertian, Resonansi dan Pelayangan bunyi, serta Cepat rambat bunyi

Dalam pembelajaran pada materi fisika tentunya banyak yang akan di pelajari. Namun pada artikel kali ini admin hanya akan membahas sesuai judul di atas ya teman-teman yaitu Apa pengertian bunyi?, Apa itu resonansi dan pelayangan bunyi? serta bagaimana dengan cepat rambat bunyi?. Sebisa mungkin admin akan membantu teman-teman dalam pemecahan masalah khususnya dalam sub materi ini. 

BUNYI : Pengertian, Resonansi dan Pelayangan bunyi, serta Cepat rambat bunyi


Berikut penjelasannya :


Pengertian bunyi

Bunyi adalah bentuk energi yang di rambatkan sebagai gelombang. Berdasarkan mediumnya, bunyi merupakan gelombang mekanik, sedangkan berdasarkan arah getarnya bunyi merupakan gelombang longitudinal.

a. Jenis-jenis gelombang bunyi berdasarkan frekuensinya

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dapat di kelompokkan menjadi infrasonik, bunyi audio atau audiosonik, dan ultrasonik. Penjelasannya seperti di bawah ini :

  1. Infrasonik adalah gelombang bunyi yang frekuensinya di bawah 20 Hertz (Hz). 
  2. Bunyi audio adalah gelombang bunyi yang frekuensinya antara 20 Hertz (Hz) sampai 20.000 Hertz (Hz).
  3. Ultrasonik adalah gelombang bunyi yang frekuensinya di atas 20.000 Hertz (Hz).
b. Sumber bunyi

Sumber bunyi adalah semua benda yang bergetar. Seperti :

• Getaran dawai

Perhatikan atau bayangkan seutas tali dawai gitar. Dawai gitar terikat kedua ujungnya. Jika di petik, maka akan timbul gelombang pada dawai yang di pantulkan oleh kedua ujung dawai yang terikat sehingga terjadi gelombang berdiri (standing wave).

Frekuensi bunyi yang di hasilkan bunyi dawai yang di petik bergantung pada panjang dawai dan cepat rambat gelombang dalam dawai.


• Pipa organa

Pipa organa adalah sumber bunyi yang memanfaatkan getaran kolom udara.

- Pipa organa terbuka

Pipa organa terbuka adalah pipa yang kedua ujungnya terbuka. Perhitungan frekuensi harmonik pada pipa organa terbuka mirip dengan perhitungan frekuensi harmonik pada dawai.


- Pipa organa tertutup

Pipa organa tertutup adalah pipa organa yang salah satu ujungnya tertutup.



Resonansi dan pelayangan bunyi

a. Resonansi

Resonansi adalah peristiwa ikut bergetarnya sumber bunyi karena adanya sumber bunyi lain yang bergetar.


b. Pelayangan bunyi

Layangan bunyi atau pelayangan bunyi adalah gejala mengeras dan melemahnya bunyi yang terjadi secara teratur, di sebabkan oleh interferensi antara dua bunyi yang frekuensinya sedikit berbeda.



Cepat rambat bunyi

a. Cepat rambat bunyi di udara

Cepat rambat bunyi di udara dapat di ukur secara sederhana dengan menggunakan tabung resonansi. Tabung resonansi di isi air dengan ketinggian permukaan tertentu sehingga kolom udara yang tidak terisi air dapat berlaku sebagai pipa organa tertutup. Sebuah sumber bunyi yang di ketahui frekuensinya, misalnya garputala dengan frekuensi tertentu di bunyikan di mulut tabung.


b. Cepat rambat bunyi dalam gas

Pada siang hari yang panas, udara mengembang keatas, akibatnya gelombang bunyi yang merambat di bawa ke atas oleh udara sehingga bunyi tidak dapat di dengar dari tempat jauh. Sebaliknya, pada malam hari udara dingin udara tidak mengembang ke atas sehingga bunyi yang merambat dapat di dengar dari tempat yang jauh.


c. Cepat rambat bunyi dalam zat padat

Bunyi, selain merambat di udara, juga dapat merambat dalam zat padat. Jika panjang gelombang bunyi lebih besar dari pada ukuran penampang lintang batang.


Itu dia pembahasannya teman-teman, jika ada yang kurang paham atau belum mengerti, atau pun juga jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah teman-teman. Admin siap membantu menjawabnya. Dan juga admin ucapkan Terima kasih banyak karena sudah berkunjung ke blog ini.

Ayo teman-teman, kita saling sharing pengetahuan dan ilmu seputar dunia pendidikan. Semoga membantu ya.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post