Iklan Billboard 970x250

INSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN : Pengertian, Syarat umum, Jenis, dan hal yang perlu di perhatikan
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

INSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN : Pengertian, Syarat umum, Jenis, dan hal yang perlu di perhatikan

Penginstalan sistem operasi jaringan sangatlah penting untuk di lakukan, karena jika tidak di lakukan penginstalannya bagaimana mau menggunakan atau pun mengoperasikan suatu komputer itu sendiri. Seperti halnya pada komputer teman-teman pasti memiliki sistem operasinya.

Instalasi sistem operasi jaringan

Mungkin di dalam benak teman-teman semua sedang bertanya-tanya apa saja persyaratan umum instalasi sistem operasi?, apa saja pilihan jenis instalasi sistem operasi?, beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan instalasi sistem operasi? dan masih banyak lagi yang lainnya...


Daftar isi
Untuk itu di bawah ini terdapat penjelasan dan pembahasan terhadap penginstalan sistem operasi, silahkan di simak ya...


Pengertian instalasi

Instalasi adalah proses penempatan file-file program pada sistem komputer termasuk konfigurasi program tersebut.

Instalasi merupakan hal yang paling awal di lakukan sebelum membangun server. Instalasi ini mencakup dua hal, yakni instalasi perangkat keras dan perangkat lunak.


Syarat umum instalasi sistem operasi

Persyaratan lainnya dalam instalasi server mengikuti syarat umum instalasi sistem operasi, seperti :
  • Jumlah RAM yang di perlukan
  • Besar ruang hardisk yang akan di gunakan
  • Tipe dan kecepatan processor
  • Resolusi video atau layar

Untuk sistem operasi Debian memerlukan syarat perangkat komputer seperti berikut ini :
  • Processor minimal Pentium IV 1 GHz
  • RAM minimal 128 MB (di sarankan 512 MB)
  • Hardisk minimal 5 GB


Jenis instalasi sistem operasi

Berikut ini merupakan empat pilihan jenis instalasi sistem operasi :

1. Instalasi baru

Opsi ini dapat di gunakan apabila jaringan yang akan di bangun oleh jaringan baru. Atau pun adanya penambahan perangkat server baru yang tidak mendukung sistem operasi jaringan yang ada saat ini.


2. Upgrade

Opsi ini banyak di gunakan pada sistem-sistem jaringan yang sudah berjalan opsi ini biasanya di lakukan karena adanya perbaikan fitur yang ada pada sistem operasi yang di gunakan. Opsi ini hanya akan mengganti file sistem operasi sebelumnya dengan yang baru.


3. Multi - boot

Apabila di syaratkan untuk ada lebih dari satu sistem operasi dalam satu komputer. Maka opsi ini dapat di pilih untuk memungkinkan pengguna lebih dari satu sistem operasi.


4. Virtualisasi

Virtualisasi adalah teknik yang memungkinkan instalasi sistem operasi di lakukan di atas sistem operasi yang ada saat ini. Aplikasinya adalah virtual box, VMware, dan virtual PC.


Hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan instalasi


Sebelum melakukan instalasi sistem operasi ada beberapa hal yang perlu di perhatikan, yaitu :

• Struktur partisi yang akan di gunakan

Salah satu teknik yang digunakan untuk mengamankan data yang ada pada komputer adalah dengan membuat partisi yang berbeda untuk sistem dan data. Dengan adanya pemisahan ini akan memungkinkan nantinya sistem tersebut di upgrade tanpa mempengaruhi datanya pembagian ini juga dapat membantu dalam proses backup dan restore.


• Penentuan jenis sistem file

Sistem file adalah sistem managemen file yang di terapkan sistem operasi untuk mengelola file-file yang tersimpan di hardisk. Ada banyak sistem file yang telah di kembangkan saat ini. Beberapa yang sering di gunakan adalah FAT 16/32, NTFS, Ext2, Ext3, dan Ext4.

Ada banyak partisi yang bisa di buat untuk sistem operasi Linux. Berikut ini merupakan partisi-partisi yang umum di gunakan :
  • /, adalah partisi utama (root) pada sistem operasi Linux. Peranannya mirip seperti Drive C pada Windows XP pada setiap instalasi Linux ini merupakan partisi yang selalu harus di buat. Sistem file yang biasa di gunakan untuk memformat partisi ini adalah Ext4 minimal besarnya partisi ini adalah 5 GB. Di sarankan minimal 8 GB agar lebih leluasa menginstal program lainnya.
  • /home, adalah partisi untuk user. Partisi ini dapat berisi data user. Data di sini dapat berupa dokumen, gambar, audio, video dan konfigurasi aplikasi user. Ini serupa dengan folder Documents and Settings atau user pada Windows. Partisi ini dapat di jadikan satu dengan partisi root (/) atau pada partisi sendiri. Sistem file pada partisi juga biasanya menggunakan Ext4, besarnya partisi ini dapat di tentukan berdasarkan banyaknya data yang kemungkinan akan di hasilkan.
  • /boot, adalah posisi yang berisikan aplikasi booting (menjalankan) sistem operasi. Partisi ini dapat tidak di buat, kalau di buat akan berguna nantinya pada saat instalasi multi - boot sistem operasi. Sistem file juga secara umum dapat menggunakan Ext4.
  • /swap, adalah partisi RAM pada sistem Linux. Partisi ini dapat di gunakan sebagai RAM tambahan (memori virtual). Ini berguna pada saat sistem kehabisan RAM (fisik). Semakin banyak Jum aplikasi yang di jalankan, semakin besar jumlah RAM yang di gunakan. Pada saat sistem kehabisan RAM, Linux dapat menggunakan partisi swap ini sebagai RAM tambahan. Dalam Linux ada istilah swapping yang di gunakan untuk menunjukkan proses pemindahan page dan memori RAM ke swap. Page adalah blok-blok pada memori. Ukuran dari partisi ini minimal sama dengan besarnya RAM yang ada. Namun di sarankan agar besarnya swap dua kali RAM.


Poin-poin instalasi sistem operasi Debian

Sebagai gambaran berikut ini merupakan poin-poin instalasi sistem operasi Debian :
  1. Konfigurasi BIOS untuk dapat melakukan boot melalui CD atau DVD
  2. Pemilihan mode instalasi teks atau grafis
  3. Pemilihan bahasa, lokasi saat ini
  4. Pengaturan jaringan dan nama host (komputer)
  5. Penentuan password untuk user root
  6. Pembuatan user baru
  7. Penentuan waktu sesuai lokasi saat ini
  8. Penentuan skema partisi yang akan di gunakan
  9. Pengelolaan sumber paket aplikasi (CD / mirror)
  10. Pemilihan aplikasi yang akan di install
  11. Instalasi boot loader.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post