Iklan Billboard 970x250

PARTISI HARDISK : Kategori dan Format Hardisk
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

PARTISI HARDISK : Kategori dan Format Hardisk

Partisi hardisk adalah proses yang umumnya di lakukan setelah pemformatan tingkat rendah atau sebelum pemformatan logikal. Pada pembuatan partisi ini hardisk akan di bagi menjadi bagian yang lebih kecil secara logikal sedemikian rupa sehingga user melihatnya seperti hardisk terpisah partisi. Ini sering juga di sebut volume atau Drive.
Sebuah partisi di bentuk dari ukuran silinder pada hardisk, kumpulan silinder inilah yang menentukan ukuran dan partisi tersebut.

Partisi hardisk


Kategori partisi

Terdapat tiga kategori partisi yakni :
  1. Partisi primer
  2. Partisi extended
  3. Partisi logical

Informasi mengenai partisi pada suatu hardisk tersimpan pada master boot record dari hardisk tersebut informasi ini di susun sedemikian rupa dalam suatu tabel partisi aturan yang di gunakan untuk penataan partisi komputer pribadi ini adalah maksimal empat partisi primer atau tiga partisi primer dan satu partisi extended dalam satu hardisk. Partisi logikal di buat dalam partisi extended, jumlah partisi logical dalam partisi extended tidak di batasi.
Berikut penjelasan masing-masing dari setiap kategori partisi, yaitu :


Partisi primer

Setiap partisi primer dapat memiliki satu sistem file. Setiap sistem file di identifikasi dan di simpan dalam bentuk kode unik sebagai pembeda dengan sistem file lainnya.

Contoh sistem file seperti ini NTFS memiliki kode OxO7, sistem file Linux (Exta, Ext3, Ext4, Ex.Iserf, dan sejenisnya). Menggunakan kode yang sama yakni Ox83.


Partisi extended

Satu hardisk dapat memiliki maksimal hanya satu partisi extended. Nantinya dari partisi ini dapat di bagi-bagi menjadi partisi logikal. Setiap partisi logical ini juga dapat di berikan sistem file nya sendiri-sendiri partisi ini hadir karena keterbatasan jumlah partisi primer yang dapat di buat dalam satu hardisk.


Partisi logical

Ini merupakan partisi yang jumlahnya dapat di buat lebih banyak dari partisi primer dalam satu hardisk, partisi ini dapat di hasilkan hanya melalui partisi extended.

Operasi-operasi yang dapat di lakukan terhadap suatu partisi yakni pembuatan, penggabungan, pengubahan ukuran, penyalinan data, dan penghapusan partisi.

Partisi merupakan salah satu solusi terbaik untuk pengelolaan data dengan media penyimpanan terbatas.


Format hardisk

Hardisk adalah media penyimpanan data yang di gunakan untuk menyimpan file agar dapat di gunakan untuk menyimpan file agar dapat di gunakan secara efektif dan efisien perlu ada penataan ruang hardisk ini di kenal dengan istilah pemformatan disk (disk formating).

Pemformatan disk secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu pemformatan tingkat rendah (low level formating) dan pemformatan logika (high level formating) selanjutnya pada pemformatan logical ini hardisk akan di tata menggunakan sistem file tertentu misalnya sistem file NTFS, FAT, Ext4.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post