Iklan Billboard 970x250

7 Tips Memilih Ide Usaha
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

7 Tips Memilih Ide Usaha

Tips memilih ide usaha
Ide Usaha - Dalam memilih sebuah usaha seringkali kita merasa bingung bahkan ada yang merasa tak pernah menemukan satupun ide usaha dipikiran mereka. Dan mungkin sebagian lagi justru merasa bingung karena banyaknya ide usaha yang mereka temukan. 

Sampai-sampai mereka sulit memilih ide usaha mana yang cocok untuk dijalankan, walaupun sudah memiliki semangat yang besar, modal yang cukup, dan ide usaha yang banyak, justru malah membuat kalian semakin bingung harus mengambil ide usaha yang mana yang cocok untuk dijalankan.

Tips Memilih Ide Usaha

Tips memilih ide usaha
Tentu saja berdasarkan pertimbangan-pertimbangan dan risiko usaha yang kalian pikirkan kemudian hari. Untuk itu dibawah ini ada 7 tips dalam memilih ide usaha, diantaranya :

1. Sesuaikan Dengan Hobi Atau Hal-hal Yang Disukai

Setiap pekerjaan tentunya sangat melelahkan dan tidak ada pekerjaan yang mudah dilakukan. Namun, jika pekerjaan yang sulit itu masih berhubungan dengan hobi ataupun fashion kalian pastinya kalian akan mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Selain itu, kalian pastinya lebih memahami dan berpengalaman di bidang usaha itu karena selaras dengan hobi yang dimiliki. Contohnya : Jika kalian hobi memasak, maka cobalah untuk membuka usaha kuliner karena sudah terbiasa dengan menu-menu masakan yang sudah kalian kemas.

Atau mungkin jika kalian hobi otomotif, sebaiknya bukalah usaha bengkel. Juga jika hobi memancing, maka kalian dapat menjual alat-alat pancing dan kemudian cobalah tawarkan ke pelanggan disekitar kalian.

Setiap orang pasti memiliki hobi, jadi tentukan lah ide usaha sesuai dengan apa yang kalian sukai.

2. Pilih Usaha Yang Mudah Dijalankan

Jika memiliki ide usaha yang banyak untuk dijalankan, sebaiknya pilihlah terlebih dahulu satu yang paling mudah untuk dikerjakan, sehingga dapat menghasilkan keuntungan dan risiko kegagalannya pun kecil.

Selain itu, kalian pasti akan lebih fokus ketika menjalankan satu bidang usaha saja dibandingkan dengan beberapa ide usaha secara bersamaan. Jadi, pilihlah salah satu yang mudah untuk dijalankan terlebih dahulu.

3. Sesuaikan Dengan Modal Yang Dimiliki

Manfaatkanlah modal yang dimiliki sebaik-baiknya. Jika ide usaha yang dijalankan memiliki prospek yang besar kedepannya, silahkan kalian tambahkan modal agar usaha yang dijalankan dapat lebih besar.

4. Terjun Langsung Ke Lapangan

Cari tahu apa saja kebutuhan masyarakat, problem apa saja yang ada, kemudian carilah solusinya. Yang mana dari hasil riset tersebut dapat dijadikan ide usaha yang akan dijalankan nantinya. 

Contohnya : jika dilingkungan sekitar kalian susah untuk mendapatkan air bersih, maka kalian dapat membuka usaha air minum isi ulang. Sehingga kalian bisa menjadi yang pertama menjalankan usaha tersebut.

5. Berani Mengambil Risiko

"Tidak ada suatu bisnis tanpa risiko!", Jika masih takut gagal dalam melakukan sebuah usaha, lalu kapan kalian akan mencapai kesuksesan? Takut akan kegagalan hanya akan menjadi mental block bagi kalian sendiri dan pastinya sulit untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. 

Apapun usaha yang akan dijalankan, rasa takut akan kegagalan sebuah usaha itu memanglah hal yang wajar bagi setiap pengusaha. Akan tetapi, tidaklah perlu berlebihan saat menyikapi risikonya. Seiring berjalannya waktu, pasti akan terbiasa untuk meminimalisir kegagalan tersebut.

6. Jadilah Trendsetter Bukan Follower

Kebanyakan orang menjalankan hidupnya hanya untuk mengikuti trend saja. Tak heran banyak pesaing-pesaing dalam usahanya karena mempunyai target pasar yang sama. 

Lain halnya jika kalian adalah orang pertama yang mampu menemukan ide usaha baru, maka kalian akan lebih leluasa untuk mengembangkan ide usaha tersebut, dan pastinya kalian bebas untuk menentukan berapa keuntungan yang akan dicapai.

Untuk itu berusahalah menjadi penemu trend baru, dari pada mengikuti trend lama yang sudah jelas banyak pesaingnya.

7. Melakukan Tindakan (Action)

Apabila sudah menemukan satu ide usaha yang cocok dari beberapa pilihan ide, maka segeralah lakukan tindakan agar ide tersebut dapat menjadi kenyataan. 

Jika kalian terus menunda-menunda ide nya, maka mungkin saja nantinya ide tersebut terlebih dahulu diambil oleh orang lain. Jadi, mulailah dari sekarang "Take Action!" Karena kesuksesan bukanlah sekedar mimpi dan rencana.

Setiap orang berhak memiliki mimpi yang besar. Namun, jika kalian tidak segera eksekusi maka akan sia-sia saja. Semua orang sukses di muka bumi ini dulunya mempunyai mimpi yang besar juga, akan tetapi mereka segera melakukan tindakan untuk mewujudkan mimpi-mimpi tersebut.


Tidak ada kesuksesan tanpa adanya kerja keras dan ketekunan yang dilakukan. Percayalah dimana ada kemauan, disitu ada kesuksesan. Semangat!!
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post