Iklan Billboard 970x250

Cara Kerja, Manfaat, Risiko, dan Cara Beli Investasi Reksadana
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Cara Kerja, Manfaat, Risiko, dan Cara Beli Investasi Reksadana

Investasi Reksadana dipilih sebagai salah satu alternatif untuk memilih jenis investasi dengan modal yang minim. Tidak jarang, banyak orang yang memulai dan memilih jenis Investasi ini sebagai tempat menginvestasikan uang mereka.

Cara Kerja, Manfaat, Risiko, dan Cara Beli Investasi Reksadana

Namun, Investasi memangnya harus? Tentu saja, karena dengan kalian berinvestasi itu dapat menjaga kehidupan finansial di masa depan. Tidak perlu modal yang besar, kalian sudah bisa ikut berinvestasi dan mendapatkan income yang tentunya cukup menguntungkan.

Jangan khawatir, karena saat ini terdapat instrumen-instrumen yang memungkinkan anda untuk berinvestasi walau dengan modal yang kecil. Sebenarnya, apa yang terlintas dipikiran kalian saat seseorang menyebutkan Investasi Reksadana?, memusingkan? atau merepotkan?, sebetulnya tidaklah seperti itu.

Bagaimana Cara Kerja Investasi Reksadana?

Cara Kerja Investasi Reksadana

Pada umumnya para investor akan mengumpulkan dalam satu wadah investasi yang kemudian nantinya dikelola oleh manajer investasi, sesuai dengan tujuan investasinya. Perusahaan manajer investasi ini memiliki para profesional yang berkualifikasi dan pastinya sudah berpengalaman.

Manajer investasi akan menginvestasikan dana dari para investor kedalam berbagai instrumen seperti Obligasi, Saham, dan Pasar Uang. Kalian semua pasti mengetahui, bahwa harga Saham dan Obligasi dapat naik dan turun dengan sangat cepat. Hal tersebut memang tidak bisa kalian hindari.

Untuk meminimalisir akan risiko naik dan turunnya Saham, manajer investasi akan berinvestasi tidak hanya disitu saja, melainkan juga pada beberapa Saham lainnya. Setelah Reksadana dipilih maka uang yang anda investasikan tadi, kalian akan diberi unit penyertaan yang mewakili uang yang sudah di investasikan.

Disini kita melihat istilah NAB atau nilai aktiva bersih Reksadana. NAB perunit adalah nilai satu dari unit investasi kalian. Unit penyertaan tersebut dapat dengan mudah dicairkan untuk mendapatkan kembali uang yang telah kalian investasikan.

Setiap kalian ingin mengetahui nilai Reksadana tersebut, maka itu dapat melihat nilai aktiva bersih di surat kabar maupun website. Kalian dapat berinvestasi Reksadana secara sekaligus maupun sedikit demi sedikit (berkala). Melalui rencana investasi yang sudah sistematis.

Hal ini membuat Investasi Reksadana dapat di akses oleh siapapun. Jadi, apakah Investasi kalian berjalan dengan baik? Bagaimana kalian tahu jika setiap Investasi Reksadana memiliki tolak ukur tetap untuk mengukur kinerja yang mereka miliki.

Dengan adanya Benchmark, kalian dapat mengetahui tinggi rendahnya return dalam risiko Investasi Reksadana. Reksadana dikatakan memberikan return yang tinggi apabila return nya diatas return Benchmark.

Sebaliknya, Reksadana dikatakan memberikan return yang rendah apabila return nya lebih kecil dibandingkan dengan return Benchmark.

Tugas manajer investasilah untuk menganalisis pasar dan mengelola portofolio Investasi Reksadana, Karena itulah mengapa kalian membayar mereka.

Manfaat Investasi Reksadana

Manfaat Investasi Reksadana

Saat kalian berinvestasi Reksadana, pastinya memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan, diantaranya :
  1. Dikelola oleh manajer investasi yang profesional dan pastinya sudah sangat berpengalaman.
  2. Likuiditas yang tinggi
  3. Terdiversifikasi
  4. Diatur dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
  5. Transparansi
  6. Biaya yang rendah, dan
  7. Bukan objek pajak

Risiko Berinvestasi di Reksadana

Risiko Investasi di Reksadana

Namun, tahukah kalian setiap berinvestasi pasti memiliki risikonya masing-masing, salah satunya Investasi Reksadana. Ini merupakan sesuatu hal yang penting, pertimbangkanlah terlebih dahulu risiko-risikonya, carilah Investasi dengan memiliki risiko yang kecil.

Untuk Reksadana Pasar Uang ini risikonya yang paling kecil diantara jenis Investasi Reksadana lainnya. Karena uang kalian akan masuk ke deposito, maka keuntungan tiap tahunnya juga akan mirip-mirip seperti deposito.

Cara Beli Reksadana

Cara Beli Reksadana

Caranya ada 2, kalian bisa ke cabang Bank atau lewat online. Berikut penjelasannya :

1. Lewat Bank
Kalau kalian memilih lewat cabang Bank nya langsung maka harus ketemu dengan Customer Service (CS) nya atau juga bisa ketemu dengan yang namanya Relationship Manager.

Perlu diperhatikan, biasanya tidak semua cabang dan tidak semua CS bisa menjual Investasi Reksadana karena diperlukan sertifikasi khusus.

Pastikan kalau kalian sudah memiliki rekening Bank, selanjutnya silahkan beli Reksadananya juga lewat Bank yang sama sesuai dengan rekening Bank yang kalian miliki tadi.


2. Lewat Online atau App di Handphone
Cara ini sangat menghemat waktu karena kita bisa bertransaksi dari manapun saja. Sudah banyak aplikasi-aplikasi maupun yang menyediakan tempat untuk kalian berinvestasi Reksadana dengan modal yang minim seperti Bareksa.

Dan ada keuntungannya juga jika kalian mebeli Reksadana lewat sekuritas, yaitu bayaran (fee) nya akan lebih rendah dari pembelian lewat Bank bahkan bisa saja gratis.

Investasi Reksadana sangatlah cocok untuk kalian yang tidak memiliki waktu untuk belajar dan memantau obligasi dan saham. Mungkin Investasi Reksadana ini bisa jadi pilihan yang lebih tepat.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post