Iklan Billboard 970x250

Pengertian Gerbang Logika (Logical Gate)
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Pengertian Gerbang Logika (Logical Gate)

Gerbang Logika (Logical Gate) - Sebuah komputer merupakan rangkaian dari ribuan atau bahkan jutaan transistor. Rangkaian transistor tersebut masing-masing di hubungkan oleh gerbang logika yang memiliki fungsi untuk melakukan operasi dasar terhadap input Biner yang diberikan. 

Beberapa bentuk gerbang logika adalah AND, OR, NOR, dan NAND. Output yang dihasilkan kemudian akan di-decode agar menjadi data yang mudah di mengerti oleh manusia. Setelah itu, data akan ditampilkan melalui output device seperti monitor dan printer.

Gerbang logika

Komputer merupakan sebuah kalkulator modern yang dapat diprogram untuk melakukan operasi logika dan aritmatika otomatis. Sebelum diolah CPU, setiap data yang masuk akan dikonversi ke dalam bentuk biner. 

Selanjutnya akan dilakukan proses komputasi pada data tersebut, seperti penambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Hasilnya akan dikirimkan ke peralatan output, seperti monitor, printer, dan lainnya. Prinsip dasar CPU sebenarnya adalah rangkaian gerbang logika yang bertugas memanipulasi masukan data (input) menjadi sebuah bentuk keluaran data (output) tertentu. Hasil input dan output data berupa true (1) dan false (0).

Baca juga  SISTEM PENYANDIAN BILANGAN : Kode ASCII, Binary Coded Heksadesimal, dan Binary Coded Decimal

Apa itu Gerbang Logika?


Gerbang Logika adalah sebuah blog, sirkuit, atau rangkaian dasar digital yang berfungsi mengolah setiap masukan (input) dan keluaran (output) data digital yang berupa 0 dan 1. 

Dalam perancangan dan pembahasannya, gerbang logika menggunakan simbol-simbol tertentu. Sebuah gerbang logika dapat menerima satu atau lebih masukan, tetapi hanya memiliki satu keluaran.

Output data yang dihasilkan hanya memiliki dua kemungkinan, yaitu true (1) atau false (0). Keluaran (output) tersebut bergantung pada operasi yang dilakukan terhadap masukan (input). 

Dengan membangun rangkaian digital yang terdiri atas gerbang-gerbang logika, kita dapat menentukan proses pengendalian suatu sistem digital, baik terhadap masukan data, maupun keluaran data yang dihasilkan.

Jenis output data yang dihasilkan sangat bergantung pada jenis input data dan gerbang logika itu sendiri, yang dapat digambarkan dengan tabel yang disebut "tabel kebenaran" (truth table).

Truth table (tabel kebenaran) adalah tabel rincian dari sebuah fungsi logika yang berisi semua kemungkinan nilai dari fungsi tersebut.

Baca juga  Contoh soal konversi bilangan beserta penjelasannya

Operasi Dasar Gerbang Logika


Gerbang logika dalam pengoperasiannya memenuhi aturan main sesuai dengan aljabar boolean dalam sistem biner. Pada dasarnya, gerbang logika hanya mengenal tiga operasi dasar, yaitu :

  1. NOT (inverter);
  2. AND; dan 
  3. OR.

Operasi dasar tersebut dapat diimplementasikan dalam beberapa bentuk gerbang logika menjadi sebuah rangkaian elektronik. Ketika operasi dasar gerbang logika tersebut dapat dikembangkan lagi menjadi beberapa operasi, seperti :
  1. NOT AND (NAND);
  2. NOT OR (NOR);
  3. Exclusive OR (XOR); dan
  4. Exclusive NOT OR (XNOR).
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post