Iklan Billboard 970x250

Penggolongan Komputer Berdasarkan Ukuran Dan Kapasitasnya
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Penggolongan Komputer Berdasarkan Ukuran Dan Kapasitasnya

Penggolongan Komputer Berdasarkan Ukuran Dan Kapasitasnya
Komputer Berdasarkan Ukuran Dan Kapasitas - Komputer sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Komputer pada awalnya dibuat hanya untuk alat perhitungan saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kemudian komputer dikembangkan lagi sesuai dengan kebutuhan manusia.

Lantas, bagaimana dengan penggolongannya? Terdapat 4 penggolongan komputer berdasarkan ukuran dan kapasitasnya, diantaranya :
  1. Main Frame
  2. Mini Computer
  3. Micro Computer
  4. Computer Portable

Untuk informasi yang lebih lengkapnya, simak penjelasannya dibawah ini :

1. Main Frame

Main frame adalah istilah teknologi yang merujuk pada komputer yang memiliki kemampuan besar. Tidak hanya kemampuannya saja, melainkan juga dari bentuk fisiknya. Hal ini mencakup pada penyimpanan datanya yang besar, banyaknya sistem yang berjalan sistem, dan juga aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan dalam satu waktu.

Main frame ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar dikarenakan mesin ini dapat hidup selama 24 jam tanpa adanya interupsi. Main frame yang mempunyai kekuatan yang paling besar disebut dengan super computer. Super computer ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau juga ilmuwan-ilmuwan untuk melakukan penelitian. 
Contohnya : IBM System/390.

2. Mini Computer

Mini Computer merupakan komputer yang ukurannya lebih kecil dari pada main frame (ditengah-tengah antara main frame dan micro computer). Mini computer ini adalah istilah yang lebih kunonya, sedangkan istilah yang digunakan saat ini seperti yang digunakan oleh IBM. Misalnya mitering sistem, kemudian workstation pada dunia Linux yang dinamakan dengan server.

Mini computer ini adalah penampil antar muka yang digunakan main frame untuk berinteraksi pada usernya. Meskipun mini computer ini juga hampir sama seperti micro computer, namun mini computer memiliki klasifikasi yang lebih tinggi atau menengah karena micro processor yang digunakan pada mini computer memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada yang biasa digunakan pada personal computer (micro computer). 
Contohnya : IBM AS/400.

3. Micro Computer

Micro computer disini adalah komputer yang digunakan secara personal atau hanya single user seperti penggunaan personal computer yang biasa digunakan pada umumnya. PC ini dapat digunakan oleh banyak user jika dibangun sebuah jaringan atau network yang biasa disebut dengan LAN (Local Area Network). 
Personal computer ini terdiri dari CPU, monitor, keyboard, serta perangkat lain yang biasa digunakan oleh user pada umumnya.

4. Computer Portable

Sesuai dengan namanya, komputer portable ini lebih kecil dan berbeda dari PC. Misalnya pada PC hanya bisa diletakkan di meja ataupun 1 tempat saja. Namun berbeda dengan komputer portable, komputer jenis ini dapat dibawa kemanapun, sangat mudah dan efisien bagi pengguna yang melakukan kegiatan komputasi dimana pun.

Komputer portable sendiri adalah perkembangan teknologi dari PC pada zaman sekarang ini. 
Contohnya :
  1. Desktop, gabungan antara micro computer dengan notebook.
  1. Notebook, memiliki processor yang lebih rendah dan kecil seperti processor atom.
  1. Palmtop, notebook yang hanya berbentuk sebesar telapak tangan.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
IT Smart City
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post