Iklan Billboard 970x250

Perkembangan Esport di Indonesia : Semakin Maju?
Selamat Datang Di Website Senyum Pelajar

Iklan 728x90

Perkembangan Esport di Indonesia : Semakin Maju?

Perkembangan Esport di Indonesia
Esport - Bermain game dulunya hanya dianggap oleh banyak orang sebagai permainan anak kecil saja. Namun sangat berbeda dengan sekarang, tidak hanya anak kecil melainkan juga pada orang dewasa tak terkecuali pria maupun wanita.

Potensi pasar video game di Indonesia terus bergejolak. Saat ini Electronic Sport (Esport) atau bidang olahraga elektronik memang cukup berkembang pesat di Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan semakin seringnya kejuaraan Esport ini digelar dengan hadiah uang yang tentunya sangat menggiurkan. Dan kondisi ini kian membuat banyak orang tertarik untuk menjadi seorang atlet Esport profesional.

Banyak orang-orang khususnya para gamers yang menginginkan menjadi atlet Esport Profesional. Bukanlah tidak mungkin, dimulai dari amatir berkembang jadi profesional.

Bermain game online dapat menjadi sumber penghasilan, hal tersebut mungkin tidak terbayangkan di era tahun 1990-an. Namun kenyataannya itulah yang terjadi saat ini.

Akan tetapi, sebenarnya apa sih Esport itu?, dan game apa saja yang termasuk kedalam kategori Esport? Berikut penjelasannya :

Apa Itu Esport ?

Apa itu Esport

Esport adalah suatu olahraga elektronik atau permainan game yang merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video multiplayer yang umumnya antara para pemain profesional. Dan baru berkembang di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Game Apa Saja Yang Termasuk Kedalam Kategori Esport?

Game kategori Esport
Jenis Game kategori Esport

Jenis game yang termasuk kedalam kategori Elektronic Sport tidaklah sembarang game, terdapat beberapa kategori yang dipilih diantaranya :

1. Fighting Game

Game yang sangat booming di tahun 1990-an ini tidak hilang ditelan zaman, terbukti sampai sekarangpun masih banyak para gamers yang memilih game seperti ini sebagai game favoritnya.

Game Esport yang termasuk kedalam kategori ini yaitu : Super Smash Bross, Marvel Vs Capcom, Street Fighter, Killer Instinct, Tekken, Mortal Combat, King Of Fighter, dan lainnya.

2. Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Umumnya, MOBA adalah jenis permainan action real time yang merupakan turunan dari genre strategi. Para pemain memiliki tujuan untuk menghancurkan semua bangunan inti dari team lawan.

Game Esport jenis ini diantaranya Dota2, League of Legend, Heroes of the Storm, Mobile Legend : Bang Bang, Vainglory, dan lainnya.

3. Racing

Game racing ini adalah game yang cukup sering dimainkan oleh kebanyakan gamers, baik bermain secara casual maupun secara professional.

Beberapa game yang termasuk kedalam Esport dalam jenis game racing yakni : iRacing, Track Mania, Projects Cars, dan lain-lain.

Selanjutnya...

4. Real-Time Strategy (RTS)

Jenis game ini sebenarnya lebih mirip subgenre MOBA karena tujuan permainannya dicapai melalui satu karakter hero.

Sistem pada permainan gameplay ini adalah menghancurkan markas musuh dengan memakai banyak pasukan atau unit layaknya genre RTS modern.

Gameplay juga dimainkan secara real time tanpa perlu bergantian menunggu pergerakan musuh. Game yang termasuk kedalam kategori Esport pada jenis game ini yaitu :
  • Empire : World in Conflict, Total War, The Battle of Middle-Earth, Clash of Clansh, dan Age of Empire 2.
  • Star Craft : Company of Heroes, Warcraft II, Warcraft III, Brood War, Stronghold Crusader, Civilization, dan lainnya.

5. First-Person Shooter (FPS)

First-person Shooter (FPS) adalah salah satu genre video game yang menggunakan sudut pandang orang pertama. Tampilan layar yang dimunculkan pun seperti apa yang dilihat oleh mata karakter pemain.

Jenis game ini juga memiliki ciri khas yang lain yaitu terlihat dari penggunaan senjata genggam jarak jauhnya.

Kategori Esport pada jenis game ini diantaranya : Doom, Alliance Of Valiant Arms, Over Watch, Painkiller, Cross Fire, Special Force 2, Rainbow Six, Battlefield, Call of Duty, Halo, Unreal Tournament, Counter-Strike, Quake, dan lain-lain.

6. Sport Games

Sport Games atau Permainan Olahraga adalah jenis game yang bisa dikatakan olahraga dalam bentuk virtual maupun simulasi yang dibuat semirip mungkin dengan jenis olahraga aslinya. Genre ini telah populer sepanjang sejarah video game dan kompetitif seperti olahraga di dunia nyata.

Kategori Esport yang termasuk pada jenis game yang satu ini yakni : Electronic Sport League, World Cyber Game, NBA 2K, FIFA, Rocket League, Madden, NFL, dan lainnya.

7. Battle Royale

Battle royale merupakan salah satu genre permainan video yang mengharuskan pemainnya untuk bertahan hidup sampai tersisa sebagai orang terakhir. Jenis game ini juga sedang booming di Indonesia,

Game Battle Royal yang termasuk kedalam kategori Esport diantaranya : Fortnite Battle Royale, PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG), Rules of Survival, Free Fire, dan masih banyak lainnya.


Perkembangan Esport Di Indonesia

Perkembangan esport di Indonesia

Namun, tahukah kalian akan perkembangan Esport yang ada di Indonesia saat ini? Dunia Electronic Sport di Indonesia memang belum semaju di negara-negara Eropa yang sudah menjadi bisnis raksasa dengan putaran uang yang mencapai jutaan dolar.

Akan tetapi, di Indonesia sendiri sudah memiliki beberapa team yang mengontrak para pemain untuk benar-benar secara profesional terjun sepenuhnya kedalam dunia Electronic Sport ini.

Dengan jumlah hadiah yang menggiurkan dan segala fasilitas yang didapat menjadi atlet profesional (profesional gamer) adalah impian bagi para gamers pemula.

Setelah suksesnya Esport yang menjadi salah satu cabang olahraga eksebisi di ajang Asian Games 2018, juga menunjukkan bahwa kini Esport sudah semakin berkembang dan diakui.

Tidak hanya itu, turnamen-turnamen Esport lainnya juga sudah banyak diselenggarakan oleh berbagai pihak, mulai dari daerah sampai ketingkat Nasional.

Tak heran, saat ini di Indonesia banyak gamers yang ingin menjadi atlet Esport, di karenakan bukan hanya sekedar bermain game saja tetapi juga mendapatkan berbagai keuntungan salah satunya mendapatkan uang.

Untuk diakui sebagai atlet profesional tidaklah mudah, karena kalian harus bergabung dengan team yang sudah profesional juga.

Dalam satu cabang Electronic Sport saja, hadiah yang didapat mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah dalam satu team dan penghasilan yang didapat oleh setiap pemain bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulannya (angka yang fantastis bukan?).


Atlet Esport Profesional Yang Sukses

Muhammad Rizky Anugrah (InYourdreaM)
Muhammad Rizky Anugrah

Muhammad Rizky Anugrah (InYourdreaM) merupakan salah satu pemain profesional dari Indonesia yang memiliki penghasilan puluhan juta, ia juga sempat diajak bergabung oleh team besar di Inggris yaitu Cloud9, namun ia menolaknya.

Sebagai salah satu pemain Dota 2 kebanggaan Indonesia ini pernah bermain untuk Fnatic bahkan menjuarai minor, yaitu Dream League Season 10 bersama Tigers. Kini Kiky (sapaan akrabnya) bermain di EVOS Esports yang berhasil lolos ke kualifikasi tertutup The International 2019.


Saat ini untuk bermain game tidaklah harus menggunakan perangkat khusus seperti PlayStation, melainkan juga bisa dimainkan di perangkat lainnya seperti PC, Mesin Console, Laptop, hingga Smartphone. Jadi, tidak ada alasan lagi jika kalian mengurungkan niat untuk menjadi atlet Esport Profesional.
Baca Juga
SHARE
Tekno Indo IT
WORK HARD PRAY HARD I can believe... "Dreams come true ��"
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post